WINDA DWI TANTI

Berpacu menjadi yang terbaik

Operating System (OS)

diposting oleh winda-d-t-fst10 pada 20 May 2012
di Umum - 0 komentar

Berikut ini hasil resume saya tentang materi kuliah pertama tanggal 15 Mei 2012 yaitu 

OPERATING SYSTEM

Operating System adalah bahasa induk dari suatu system atau perangkat lunak dari suatu sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan perambaan web. 

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi .

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi)

Dalam suatu operating system terdapat bahasa parsial yaitu API (Application Programming System) atau "mantra" atau command string atau 'kernel' atau yang lebih mudah disebut dengan kode yang merupakan bagian utama dari sistem operasi dan digunakan untuk menjalankan seluruh fungsi dalam sebuah operating system.

Telah disebutkan diatas bahwa dalam suatu operating system sudah terdapat driver yang digunakan untuk menghubungkan berbagai hardware dengan bahasa induk atau operating sistem tersebut. Jadi, apabila user ingin mengakses hardware tersebut, user hanya harus mengakses kernel atau API atau .dll (berbagai perintah atau command string yang digunakan untuk mengatur berbagai hardware pada windows).

Cross Platform adalah istilah dalam teknologi informasi mengenai sebuah software yang dapat digunakan di beberapa sistem operasi yang berbeda.(sumber: http://rezkyanda.blogspot.com/2009/12/cross-platform.html). Salah satu contohnya adalah aplikasi java. Jadi, aplikasi java dapat digunakan di berbagai bahasa induk yang memiliki formula atau metode yang berbeda - beda karena adanya sebuah aplikasi hidden yang ditanamkan di berbagai operating system yang disebut dengan JNE dan merupakan sebuah virtual machine. Apabila user ingin menggunakan aplikasi java, user harus mengunduh aplikasi JNE.java. Fungsi dari JNE ini adalah menerjemahkan dan mengeksekusi berbagai file.java sesuai dengan command string bahasa induknya.

Berikut ini berbagai contoh Operating System (OS)

  • DOS (Disk Operatin System), merupakan sistem operasi yang termasuk character user interface artinya sistem operasi DOS berkomunikasi dengan pengguna komputer dengan karakter-karakter teks. Sekarang sistem operasi ini diganti dengan sistem operasi graphical user interface yaitu sistem operasi yang menampilkan pesan dan menerima perintah dari kita dalam bentuk grafis. Ms DOS dibuat pada tahun 1981 untuk digunakan sebagai sistem operasi di komputer IBM-PC.
  • Windows 3.x, setelah sebelumnya muncul windows 1.0 pada tahun 1985 dan kemudian windows 2.0 pada tahun 1987 maka pada tahun 1990 microsoft corporation mengeluarkan seri windows 3.0 yang benar-benar menakjubkan pada waktu itu, yang kemudian dilahirkan kembali windows 3.1 dan windows 3.11 yang ketiganya dikenal dengan istilah graphical user interface.
  • Windows NT, pada tahun 1993 microsoft mengeluarkan windows NT singkatan dari New Tchnologi. Dikeluarkan untuk menyaingi sistem operasi OS/2 dari IBM.
  • Windows 95, pada tahun 1995 windows 95 dikeluarkan yang tidak memerlukan DOS untuk mengoperasikan, kelebihan yang dimiliki oleh windows 95 adalah dalam hal tampilan grafisnya yang lebih sempurna dan lebih efisien ketika melakukan multi-tasking dan mendukung sistem jaringan komputer seperti internet, e-mail dan fax.
  • Windows 98, setelah tiga tahun meluncurkan windows 95 maka pada bulan juni 1998 microsoft meluncurkan windows 98 yang merupakan peningkatan dari windows 95. Peningkatan tersebut antara lain lebih mudah digunakan, terpadu dengan software untuk menjelajahi internet dan peningkatan kemampuan multimedia.
  • Windows 2000, pada akhir tahun 1999, Microsoft meluncurkan windows 2000 yang terdiri dari dua versi yaitu windows 2000 server,dan windows 2000 profesional.
  • Windows Millennium, windows ini dikeluarkan untuk para pengguna PC umumnya. Mempunyai kemampuan internet dan multimedia yang banyak dan memuaskan.
  • Windows XP, pada tahun 2001 microsoft mengeluarkan windows XP, sudah tidak ditemukan fasilitas MS-Dos sama sekali.
  • Windows CE, merupakan perangkat komunikasi yang lebih kecil daripada komputer  yang lebih dikenal dengan istilah handheld computer, yang dikeluarkan pada tahun 1996.
  • Palm OS, merupakan sistem operasi yang didesain khusus untuk handheld computer yang dikeluarkan oleh perusahaan palm.
  • Mac OS adalah sistem operasi macintosh yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple sebenarnya merupakan sistem opersi berbasis GUI, yang dikeluarkan pertama kali pada tahun 1984.
  • OS/2, merupakan sistem operasi yang dikeluarkan pada tahun 1987, kemudian pada tahun 1994 IBM mengeluarkan versi terbaru dari OS/2 yaitu OS/2 Wrap.
  • Sistem operasi UNIX yang pertama kali dikenalkan pada tahun 1970, merupakan sistem operasi yang sangat tangguh untuk menangani data dan informasi dalam jumlah yang sangat besar.
  • LINUX yang pertama kali dikenalkan oleh Linus Benedict Torvalds tidak mengenal pembajakan karena siapapun berhak menggunakannya.

(sumber: http://blog.student.uny.ac.id/azhie/contoh-sistem-operasi/)

Beberapa contoh tampilan dari OS

  • Tampilan antar muka windows 7

  • Tampilan antar muka linux ubuntu

  • Tampilan antar muka Mac OS X

(sumber: http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-sistem-operasi-komputer-operating-system/)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :