WINDA DWI TANTI

Berpacu menjadi yang terbaik

Operating System (OS) II

diposting oleh winda-d-t-fst10 pada 27 May 2012
di Umum - 0 komentar

Pertemuan ke-II 

22-05-2012

Saat pertama kali PC atau mesin dihidupkan, yang pertama kali dilakukan adalah proses untuk membangkitkan main board atau board induk yang di dalamnya tersimpan berbagai program. Definisi dari main board atau board induk atau mother board adalah sebuah papan rangkaian elektronik utama yang menjadi landasan dari komponen - komponen lainnya, seperti processor, memory, VGA, dan lain sebagainya. Motherboard adalah tempat keluar masuknya data, menghubungkan seluruh peralatan komputer, dan membuatnya bekerja sama sehingga PC dapat berjalan dengan baik. (http://www.anneahira.com/mainboard.htm)

Selain main board, terdapat juga BIOS yang berfungsi untuk mendeteksi semua hardware yang ada dalam suatu mesin, lalu mengaktifkan data – data yang diperlukan yang terdapat di dalam hardisk. Sebelum sistem dihidupkan maka BIOS memastikan seluruh data yang terdapat pada main board telah dalam keadaan aktif dan dapat diakses. BIOS atau Basic Input-Output System, adalah suatu kode software yang ditanam di dalam suatu sistem komputer yang memiliki fungsi utama untuk memberi informasi visual pada saat komputer dinyalakan, memberi akses ke keyboard dan juga memberi akses komunikasi secara low-level diantara komponen hardware, seperti untuk meload sistem operasi dari storage ke RAM. (http://ricky1206.blogspot.com/2011/01/bios-adalah.html)

BIOS digunakan untuk mendeteksi berbagai macam hardware pada mesin, laptop, maupun PC. PC atau komputer atau sebuah mesin dapat berfungsi sebagai sebuah sever bilamana mesin atau PC tersebut memilki performa yang tidak turun selama 24 jam. Untuk menjadi sebuah server, mesin tersebut harus memiliki reabilitas yang baik agar performanya tetap baik saat server tersebut sedang banyak diakses. Untuk menjadi sebuah server, sebuah mesin harus memiliki mekanisme pertahanan yang baik pada bagian firewall serta format disc terhadap hacker dan berbagai intruder. Untuk menjadi sebuah server, sebuah mesin harus siap setiap saat memberikan respons ketika diberikan request kapanpun.

Saat PC atau laptop telah mengakses sistem, PC atau laptop akan mengeksekusi berbagai data yang terdapat pada master boot record dan berbagai informasi tersebut kemudian diangkat ke memori. Salah satu memori tersebut adalah RAM. Terdapat beberapa kelemahan dari RAM, salah satunya adalah suatu keadaan dimana RAM tidak dapat diakses atau digunakan pada waktu beberapa microsecond, keadaan ini dinamakan keadaan charge atau 'tidur'.

Saat suatu sistem dibangkitkan, akan diambil beberapa data yang terdapat dalam hardisc. Dalam keadaan ini, hardisc dalam PC akan bekerja lambat. Agar kinerja hardisc menjadi cepat maka beberapa data yang terdapat pada hardisc harus dimasukkan ke dalam memori RAM. 

Pada saat suatu operating system (OS) sedang berjalan, berarti sistem sedang membaca isi dari sebuah register. Register berisi konstanta dan berbagai informasi yang yang harus dieksekusi oleh OS. Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. (http://dewin221106.blogspot.com/2011/03/register.html) Berbagai macam virus yang menginfeksi PC ditempatkan di bagian register ini karena seluruh isi dari register akan dieksekusi seluruhnya oleh OS. Jadi, register adalah titik awal dari proses infeksi dan konstanta awal apa yg harus dieksekusi.

Untuk mengantisipasi keadaan tersebut, terdapat sebuah fitur dari Windows yaitu Safe Mode.  Fitur ini disediakan di sistem operasi Windows, untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk memeriksa atau memperbaiki kerusakan pada sistem windows, menghapus virus, memeriksa kerusakan driver dan lainnya. Safe mode merupakan opsi pilihan start up windows yang fungsi utamanya menangani jika ada masalah dengan sistem. Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, hanya file-file dan driver yang penting saja yang di aktifkan, termasuk juga software-software tambahan sebagian besar tidak diaktifkan.

Cara Masuk ke Safe Mode

Salah satu cara yang dapat digunakan di hampir semua sistem windows termasuk windows Vista adalah dengan menekan tombol F8 ketika windows sedang booting ( atau ketika komputer mulai menyala dan tampil informasi Memory / hardware ). Setelah itu akan tampil beberapa menu pilihan booting komputer, seperti berikut :

(http://ebsoft.web.id/safe-mode-manfaat-dan-penggunaannya/)

Lalu pilih safe mode, kemudian OS akan membaca dan mengeksekusi register agar PC berada dalam keadaan safe mode. 

Beberapa manfaat Safe Mode

  • Uninstall software yang sebelumnya menyebabkan komputer hang, error dan sebagainya. Kadang setelah di install program tertentu windows bermasalah, maka jika tidak bisa di uninstall melalui mode biasa gunakan Safe Mode.
  • Menonaktifkan aplikasi atau program tertentu. Untuk memudahkan setelah masuk ke Safe Mode, bisa menggunakan aplikasi Autoruns yang bisa diperoleh gratis dariSysInternals. Teknik ini juga bisa dimanfaatkan untuk memeriksa loading komputer yang lambat. Jika tidak ada Autoruns, bisa mengetikkan MSCONFIG di menu Run, untuk menjalankan Sistem Configuration Utility, jika sudah tampil dipilih melalui tab Startup.
  • Memeriksa permasalahan dengan tampilan grafik windows (VGA). Ketika tampilan windows bermasalah, bisa di cek dengan memilih “Enable VGA Mode”, jika berhasil dan tidak melihat masalah, kemungkinan masalah di driver VGA.
  • Menghapus file/virus yang tidak bisa melalui mode biasa. Sebagian antivirus masih bisa dijalankan di safe mode, dan bisa dicoba scan melalui safe mode. Kadang virus tidak berjalan di safe mode, meski banyak juga yg bisa berjalan/atif meski di Safe Mode.
  • Menjalankan System Restore jika sebelumnya diaktifkan, sehingga kondisi sistem bisa dikembalikan ke keadaan sebelumnya.
  • Menjalankan berbagai fitur dari Control Panel, Administrative tools dan sebagainya.
  • Membuka Registry Editor, baik untuk memeriksa maupun untuk mengedit sebagian isinya.

(http://ebsoft.web.id/safe-mode-manfaat-dan-penggunaannya/)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :