WINDA DWI TANTI

Berpacu menjadi yang terbaik

Embedded System VC Personal Computer

diposting oleh winda-d-t-fst10 pada 04 June 2012
di Umum - 7 komentar

Berikut ini sekilas materi pada kuliah pemrograman komputer tanggal 28 Mei 2012 yang membahas persaingan antara Embedded System yang semakin kompleks dengan Personal Computer yang semakin mengecil. Perbedaan diantara keduanya adalah pada processornya. Pada embedded system digunakan firmware. Firmware disini hanya fokus pada fungsi - fungsi tertentu, dan juga memanfaatkan optik, memori dan processor hanya untuk fungsi tertentu. Jadi sebuah fungsi pada firmware akan muncul hanya pada saat program tersebut diaktifkan. Sedangkan pada OS, fungsi - fungsi telah disiapkan dan selalu ada dalam memori. Jadi meskipun user tidak menjalankan program, coding atau fungsi tersebut selalu siap dalam memori. 

Materi yang dibahas selanjutnya adalah mengenai komunikasi data. Komunikasi data adalah sebuah mekanisme dimana satu mesin dapat brkomunikasi dengan mesin lain. Contohnya pada penggunaan kabel USB untuk menghubungkan satu hardware dengan hardware lain. Jenis dari komunikasi data adalah komunikasi serial dan komunikasi paralel. Komunikasi paralel, biasanya pada kabel dengan 25 kaki, komunikasi ini digunakan karena kecepatannya untuk mengirim data pada sekali clock. Tapi ketika kabel yang digunakan makin panjang, data yang dikirimkan akan rusak. Sedangkan pada komunikasi serial, umumnya pada kabel dengan 9 kaki, komunikasi ini menjadi begitu populer karena data yang dikirimkan pada tiap clock digrounding sehingga data akan aman.

Kemudian yang dibahas adalah materi tentang IP dan berbagai macam komunikasi data lainnya. Internet Protocol (IP) adalah protokol komunikasi utama yang digunakan untuk menyampaikan datagram (paket) di sebuah internetwork menggunakan Internet Protocol Suite. Bertanggung jawab untuk routing paket melintasi batas-batas jaringan, itu adalah protokol utama yang membentuk Internet, IP adalah protokol utama di Layer Internet Internet Protocol Suite dan mempunyai tugas memberikan datagrams dari host sumber ke host tujuan hanya berdasarkan alamat mereka. Untuk tujuan ini, IP mendefinisikan pengalamatan metode dan struktur untuk enkapsulasi datagram. (http://notebase.blogspot.com/2011/11/definisi-ip-address.html). 

TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standarkomunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.(http://0ch4.wordpress.com/pengertian-tcpip/

Salah satu contoh dari embedded system yang makin kompleks adalah Android. Berikut ini sekilas pembahasan tentang Android

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk GoogleHTC,IntelMotorolaQualcommT-Mobile, dan NvidiaAndroid memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail GmailGoogle Maps, dan Google Calendar.

Para penggemar open source kemudian membangun komunitas yang membangun dan berbagi Android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. Mereka sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi Android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu carrier-sanction firmware.


Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search(pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech(tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.

Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

Android versi 5.0 (Jelly Beam)

Akan segera dirilis tahun 2012 ini. Android Jelly Bean ini diperuntukkan untuk komputer tablet dan memungkinkan untuk digunakan pada sistem operasi PC atau Komputer. Sehingga rumornya kemunculan Android Jelly Bean ini untuk menyaingi rilis terbaru Windows 8 yang juga akan segera dirilis. Karena kita ketahui bersama perbincangan versi Android sebelumnya yaitu Android Ice Cream Sandwhich pun masih hangat di telinga.

Fitur yang tersedia di Android adalah:

  • Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  • Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  • Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • SQLite: untuk penyimpanan data.
  • Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,

AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)

  • GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
  • Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)

(http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi))

Berbagai kekurangan dan kelebihan dari android dapat dilihat pada web berikut ini http://www.gadgeds.info/2012/01/kelebihan-dan-kekurangan-android.html

7 Komentar

1. DYAH WULAN PUTRI P

pada : 04 June 2012

"Saya mau bertanya,, sebenarnya perbedaan yang mendasar mengenai berkembangnya versi pada Android itu seperti apa? Terima kasih...."


2. dita mayasari

pada : 06 June 2012

"saya ingin bertanya, apakah android hanya bisa digunakan untuk hp dan komputer tablet saja? bagaimana dengan PC? kalau ad tolong dijelaskan. terima kasih :)"


3. WINDA DWI TANTI

pada : 08 June 2012

"@dita mayasari: terima kasih untuk pertanyaannya. Bagi orang - orang yang ingin mencoba android tapi tidak memiliki perangkat mobile/seluler khusus android, android menyediakan source code untuk digunakan pada PC. Caranya dapat dilihat pada web berikut ini http://mashendri.com/panduan-install-android-emulator-di-pc.html"


4. dita mayasari

pada : 09 June 2012

"ok, terima kasih winda :)"


5. WINDA DWI TANTI

pada : 10 June 2012

"@dyah wulan: terima kasih untuk pertanyaannya. Jadi, pada tiap pembaruan versi pada android, semua fitur pada versi sebelumnya yang masih dirasa kurang baik akan diperbarui pada versi barunya, serta beberapa fitur tambahan yang belum ada pada versi sebelumnya akan ditambahkan untuk membuat produk android ini semakin spesial dimata penggunanya. "


6. yugi

pada : 18 June 2012

"misi mau tanya..
apasih bedanya OS android sama OS windows pada mobile phone?"


7. WINDA DWI TANTI

pada : 19 June 2012

"@yugi: banyak sekali perbedaan antara windows mobile dan android, yang mendasar adalah pada OS android memiliki basis linux sedangkan pada windows obile memiliki basis dari windows sendiri."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :