WINDA DWI TANTI

Berpacu menjadi yang terbaik

dr. Droid dan GPS Blind

diposting oleh winda-d-t-fst10 pada 17 June 2012
di Umum - 2 komentar

Bissmillahirrohanirrohim.

"Buatlah ide dengan tujuan untuk menolong orang lain, bukan karena semata-mata mengharapkan imbalan dari orang lain (materi)" (Soegianto).

Kalimat ini yang memberikan motivasi pada kami yang berada di kelas Pemrograman Komputer untuk memberikan sedikit ide (selain karena tugas yang memang sudah ditentukan hehe :p ).

Disini saya mempunyai ide untuk mendeteksi keadaan kesehatan sesorang melalui kamera. Berikut gambaran umum dari aplikasi ini:

1. Pada tampilan awal terdapat dua menu utama, yaitu Diagnosa Penyakit dan Berat Ideal.

Berat Ideal: Dengan bantuan kamera, dr. Droid akan mendeteksi berat ideal Anda dan beberapa saran tentang kegiatan apa saja yang tidak boleh dan yang harus dilakukan, serta beberapa macam makanan yang pantang dan boleh untuk dikonsumsi. 

2. User yang ingin melakukan pemeriksaan diharuskan tidak memakai pakaian luar agar kamera dapat memberikan diagnosa yang lebih tepat. Saat user telah siap dalam posisi berdiri tegak, kamera akan menangkap gambar secara otomatis se,uruh badan.

3. Lalu dr. Droid akan memberikan informasi tentang perkiraan berat badan dan tinggi badan Anda serta berapa berat ideal Anda. Informasi ini juga akan dilengkapi dengan jenis olahraga yang dapat dijalankan untuk mencapai berat badan ideal Anda. Informasi ini juga akan disertai berbagai macam makanan yang sebaiknya dan pantang untuk dikonsumsi. 

Diagnosa Penyakit: dr. Droid akan mendeteksi penyakit yang Anda derita melalui kamera yang memiliki kemampuan scanning.

2. Pada menu ini, user tidak perlu melepaskan pakaian luar seperti pada menu Berat Ideal, karena kamera pada menu ini akan bekerja sebagai kamera scanning. Kamera akan mengambil gambar secara otomatis saat pasien berada posisi yang tepat yaitu berdiri tegak.

3. Sesaat kemudian dr. Droid akan menanyakan apa saja keluhan yang Anda alami. 

4. Saat dirasa cukup, dr. Droid akan memberikan diagnosis tentang sakit yang Anda derita yang disertai dengan penjelasan dari scanning yang telah didapatkan. 

5. dr. Droid tidak akan lupa untuk menyarankan Anda agar segera memeriksakan diri Anda ke dokter yang nyata, bukan sekedar dokter virtual. Apabila Anda menghendaki dan memiliki kontak dokter Anda, Anda dapat mengirimkan data yang telah diambil oleh dr. Droid ke dokter pribadi Anda.

 

Ide yang kedua adalah GPS yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh orang - orang yang tidak bisa melihat atau buta. Aplikasi ini dapat dikases melalui S-Voice. Saat aplikasi berjalan, S-voice akan menanyakan kepada user kemana tujuan user, alamat yang diinputkan harus jelas. Kemudian S-Voice juga akan menanyakan dimana posisi Anda sekarang, cantumkan alamat yang jelas. Saat user mulai berjalan, S-voice akan menginformasikan detail dari jalan yang berada di depan user, berapa kilometer/kaki lagi user akan mencapai tempat tersebut. Saat user telah berada di tempat tujuan, S-voice akan memberitahukan kepada user dengan cara bergetar. Apabila user berada di tempat yang salah, atau user melewatkan tempat tujuan, maka Android akan bergetar dan S-Voice akan memberikan instruksi untuk mundur berapa langkah sesuai dengan yang dibutuhkan.

 

Berikut ide - ide sederhana saya, semoga tidak hanya menjadi sekedar ide tapi akan menjadi sebuah aplikasi nyata nanntinya. 

Terima Kasih.

2 Komentar

1. arieanti ulfa

pada : 18 June 2012

"mbak winda D.T.. :)
mnurut ide mbak yg saya tangkep ini..apa cara kerjanya itu sama dengan menghitung keseluruhan dari luas badan org yg d foto begitu? trus dikonversi k berat badan?

mohon penjelasannya mbak winda.. makasih:))"


2. WINDA DWI TANTI

pada : 19 June 2012

"iya benar. jadi luas tubuh yang terlihat di kamera akan diolah datanya menjadi berat dan tinggi badan orang tersebut, sehingga bisa didapatkan besar berat ideal orang tersebut. :)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :