WINDA DWI TANTI

Berpacu menjadi yang terbaik

Pengantar Sistem Cerdas

diposting oleh winda-d-t-fst10 pada 10 March 2013
di Umum - 0 komentar

Pada kuliah pertama Sistem Cerdas yang dipaparkan oleh Bapak Soegianto dibahas tentang pengenalan Sistem Cerdas. Apa itu Sistem Cerdas ? Pada blog ini saya akan berbagi ilmu yang telah diberikan oleh Bapak Soegianto yang menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan sistem cerdas.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN SISTEM CERDAS ?

Sistem cerdas merupakan suatu sistem ilmu yang diterapkan pada sebuah mesin agar mesin tersebut dapat memiliki kecerdasan seperti manusia seperti, dapat dilatih, dapat merespon sesuatu, dapat mengingat kondisi yang pernah dialami, mengolah data-data untuk memberikan aksi yang tepat sesuai yang telah diajarkan, dan kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli melalui perintah yang dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu.

Ada tiga bagian atau sub bab yang dapat dipelajari dari sebuah sistem cerdas, yaitu:

1. Artificial Intelligence

Pada Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) sebuah mesin memiliki kemampuan kecerdasan dan kepakaran seperti layaknya manusia. Contohnya seperti sebuah mesin/ robot yang dapat menghindari rintangan-rintangan, sebuah mesin/ robot yang dapat memisahkan obyek-obyek sesuai dengan klasifikasi tertentu, dan lain sebagainya.

2. Fuzzy Logic System (Sistem Logika Samar)

Sistem logika samar diterapkan pada sebuah mesin sehingga mesin tersebut memiliki efektifitas yang mendekati sama dengan control yang dilakukan oleh manusia secara manual. Jadi dalam sistem ini sebuah mesin akan seolah-olah memiliki perasaan seperti manusia. Sistem sebuah mesin yang kaku dan hanya memiliki logika dasar 0 dan 1 sebagai 'salah' dan 'benar', diajarkan melalui sistem logika samar agar dapat menentukan 'agak', 'sedikit', 'lumayan', dan sebagainya.

3. Artificial Neural Network

Sub bab yang ketiga ini disebut juga sebagai sistem berbasis jaringan syaraf tiruan. Mengapa disebut demikian ? Karena pada sistem ini mesin akan memiliki kemampuan otak manusia yang terdiri dari milyaran sel neuran sehingga dapat berpikir layaknya manusia. 

Pada kemajuan teknologi sekarang ini telah banyak mesin atau robot dengan sistem cerdas dengan berbagai tipe dan fungsi masing-masing.

ASIMO

Robot pada gambar diatas adalah Asimo. Robot ini merupakan robot humanoid tercanggih yang ada hingga tahun 2013 ini. Hingga saat ini robot asimo mengalami berbagai perkembangan salah satunya pada tahun ini robot asimo memiliki kemampuan tambahan yaitu melakukan tugas di kantor sebagai resepsionis, dapat mendorong kereta dorong, serta kemampuan berlarinya yang lebih sempurna dari robot asimo versi sebelumya. Berikut ini link video versi terbaru dari asimo 

https://www.youtube.com/watch?v=Q3C5sc8b3xM

 

SUMBER:

http://uhaisnaini.wordpress.com/2011/06/12/kendali-logika-fuzzy-pada-mesin-cuci/

http://denissopyan2004.blogspot.com/2008/11/21-sistem-cerdas-berbasis-pengetahuan.html

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :