WINDA DWI TANTI

Berpacu menjadi yang terbaik

Artificial Intelligence

diposting oleh winda-d-t-fst10 pada 07 April 2013
di Umum - 0 komentar

Pada pertemuan kuliah S1- Teknobiomedik Universitas Airlangga kali ini dibahas pendahuluan tentang Artificial Intelligence. Apa yang dimaksud dengan Artificial Intelligence ? 

Artificial Intelligence (AI) adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membuat sistem atau komputer menjadi cerdas. Sehingga komputer dapat bertindak seperti atau serupa dengan manusia. Pada bidang ini komputer harus diberi bekal pengetahuan, agar mempunyai kemampuan untuk menalar.

Berikut ini adalah garis besar bidang ilmu yang dapat dipelajari dalam Artificial Intelligence

1. Expert System

Pada bidang ilmu ini mempelajari bagaimana komputer atau mesin dapat memiliki keahlian atau cara berpikir seorang ahli. Sehingga mesin tersebut dapat memecahkan suatu masalah atau dapat membantu seorang ahli atau pakar dalam menyelesaikan masalah yang ada.

 

2. Natural Language Processing (NLP)

NLP mempelajari bagaimana manusia dapat melakukan komunikasi dengan mesin menggunakan bahasa sehari-hari dan mesin juga dapat membalas komunikasi tersebut dengan bahasa manusia sehari-hari pula. Keahlian mesin disini harus dapat mengolah informasi input dari manusia yang berupa natural language (bahasa sehari-hari) dan juga memberikan output berupa natural language.

 

3. Robotics and Sensory Systems

Bidang ini menambah nilai guna sebuah robot selain melakukan perintah-perintah yang telah dimasukkan juga dapat berinteraksi dan berpikir seperti manusia.

 

4. Computer Vision

Bidang ilmu ini mempelajari bagaimana menggabungkan pengolahan image, dan dapat menghasilkan sebuah visual intelligence system, contohnya yaitu pengenalan retina mata, face detector dan lain sebagainya.

 

5. Game Playing

Pada bidang ini AI akan menambahkan kemampuan pada sebuah game agar mesin dapat merespon aksi-aksi yang tidak dapat diduga yang diberikan oleh user seolah-olah user sedang bermain dengan user lain. Contoh dari game ini adalah game DOTA.

 

6. Speech Recognition

Pada bidang ini mesin diajarkan sedemikian sehingga dapat berkomunikasi dengan use melalui suara atau voice recogniton, contohnya yaitu aplikasi SIRI pada Iphone.

 

7. Intelligent Computer-Aided Instruction

Dalam bidang ini komputer memiliki kepintaran yang dapat menjadi tutor atau pengajar yang dapat melatih dan mengajar.

 

8. Soft Computing

Soft computing merupakan inovasi terbaru dalam membangun sistem cerdas yang merupakan sistem yang dapat memiliki keahlian seperti manusia, dapat belajar serta beradaptasi.

Beberapa metode yang digunakan yaitu:

  • Sistem Fuzzy
  • Jaringan Syaraf
  • Penalaran Probabilistik
  • Evolutionary Computing
  • Machine Learning

 

Berikut ini beberapa video mengenai kemajuan artificial intelligent

 

 

Sekian artikel Artificial Intelligence ini, saran dan kritik akan sangat membangun. Terima Kasih :)

 

Sumber:

https://www.youtube.com/

http://socs.binus.ac.id/2012/03/02/a-little-brief-about-artificial-intelligence/

http://kuliah-ai-ubibwi.blogspot.com/2012/10/soft-computing.html

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :