WINDA DWI TANTI

Berpacu menjadi yang terbaik

Kupas Jurnal Pemodelan Fisiologi

diposting oleh winda-d-t-fst10 pada 14 October 2013
di Umum - 0 komentar

Jurnal yang saya coba kupas ini berjudul "Prediction of breast cancer recurrence using Classification Restricted Boltzmann Machine with Dropping" oleh Jakub M. Tomczak dari Wrocław University of Technology, Wrocław, Poland.

Menurut data, pada tahun 2010, 25% dari kasus kanker yang terjadi di Polandia merupakan kanker payudara. Adanya informasi ini memotivasi (peneliti) untuk melakukan penelitian untuk memprediksi adanya kanker payudara pada pasien yang sebelumnya telah mengalami penyakit ini. Menurut pengetahuan penulis, teknik diagnostic yang dilakukan dokter tidak dapat mendeteksi adanya kanker payudara yang kembali kambuh. Maka pada penilitian ini penulis menggunakan neural network Restricted Boltzmann Machine untuk memprediksi munculnya kanker payudara dan mengenali gejala-gejala yang muncul pada pasien. 

Restricted Boltzmann Machine adalah salah satu jenis dari system kecerdasan buatan yang menghasilkan output kemungkinan-kemungkinan yang terkait dengan input yang diberikan. RBM merupakan salah satu jenis dari Boltzmann machine, dengan batasan-batasan seperti neuronnya harus dalam bentuk bipartite, terdapat unit input serta keluaran yang akan sesuai dengan input, lapisan tersembunyi pada sistem ini juga diberikan pelatihan seperti lapisan input, masing-masing lapisan pada sistem harus tersambung satu sama lain, termasuk pada lapisan yang tersembunyi. Adanya hubungan pada tiap - tiap lapisan membuat sistem ini menjadi lebih baik dalam algoritma pelatihannya.

       

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Restricted_Boltzmann_machine

               BIPARTITE GRAPH

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Bipartite_graph

Data pelatihan yang digunakan pada penilitian ini merupakan data sebenarnya sebanyak 949 kasus kanker payudara dengan klasifikasi yang berbeda – beda. System RBM digunakan untuk mengenali gejala – gejala yang dialami pasien sehingga system dapat memberikan prediksi – prediksi apakah pasien kembali mengalami kanker payudara atau tidak. 

Terdapat beberapa langkah dan beberapa metode yang dilakukan selama pemrosesan data ini yang akan dijelaskan berikutnya….

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :