WINDA DWI TANTI

Berpacu menjadi yang terbaik

Kupas Jurnal Pemodelan Fisiologi 2

diposting oleh winda-d-t-fst10 pada 21 October 2013
di Umum - 0 komentar

Berikut ini lanjutan dari bahasan minggu lalu tentang jurnal yang berjudul "Prediction of breast cancer recurrence using Classification Restricted Boltzmann Machine with Dropping" oleh Jakub M. Tomczak dari Wrocław University of Technology, Wrocław, Poland.

Restricted Boltzmann Machine (RBM) adalah model kecerdasan buatan yg memiliki 2 lapis layer, dimana lapis pertama mengandung variable input yg terlihat dan lapis kedua yang mengandung variable yg tidak terlihat dan merupakan pengklasifikasi non linear. Pada model ini juga terdapat layer ketiga juga yaitu variable output dari observasi yg telah dilakukan.

RBM dengan unit tersembunyi M adalah model parameter hubungan dari variable visible dan hidden, yang didefinisikan dalam persamaan berikut:

Dengan , dan dimana:

yang merupakan fungsi energi

yang merupakan fungsi partisi.

Terdapat beberapa jenis learning system untuk RBM, contohnya, Approximate Maximum Likelihood, Maximum Pseudo-Likelihood, Ratio Matching. Baru – baru ini terdapat metode pembelajaran terbaru yang digunakan selama pembelajaran system RBM, yang disebut Drop Connect dan Drop Out. Pada paper ini digunakan suatu system pembelajaran yang disebut Dropping, yang merupakan metode pendekatan dari dua metode terbaru tersebut.

Keseluruhan data yang dilakukan sepanjang eksperimen ini merupakan data medis yang berasal dari Institut Onkologi, Ljubjana. Dengan tujuan dari eksperimen yaitu memprediksi adanya kemunculan kembali kanker payudara setelah jangka waktu 10 tahun dari proses operasi. Pada eksperimen ini digunakan system klasifikasi karena nantinya kasus-kasus yang ada akan dibedakan klasifikasi masing-masing jenis atau bentuk selnya.

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :